Rapid Spanning Tree Protocol (RSTP) & STP and Portfast

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum, kali ini saya akan menjelaskan tentang portfast.

?Pengertian sederhananya?
adalah sebuah port atau interface yang bootingnya (disetting) dipercepat.~menurut saya~

Beda portfast, dengan konfigurasi portfast, kalau konfigurasi portfast adalah konfigurasi yang digunakan untuk membuat sebuah port menjadi portfast.

?Bootingnya dipercepat?
Iya, sesuai dengan namanya, portfast atau port cepat. Cepat yang dimaksudkan disini adalah proses bootingnya.
Contoh : jika biasanya sebuah port (dalam keadaan hidup) saat terkoneksi dengan port lain akan booting selama 50 detik, tapi dengan kita mengkonfigurasi portfast pada port tersebut, maka bootingnya hanya akan menjadi 5 detik.

?Berarti, lebih bagus jika kita mengkonfigurasi portfast pada semua port yang ada?
Tidak juga, jika dilihat dari segi cepatnya memang lebih, seperti kata pepatah "lebih cepat, lebih baik". Tapi kenyataan disini tidak seperti itu. Dengan kita mengkonfigurasi portfast pada sebuah port, tidak menjadikan port itu lebih baik dari yang tidak dikonfigurasi.

- Buktinya?
Tidak semua konfigurasi(untuk interface atau port), cocok atau bisa dikombinasi dengan konfigurasi portfast ini.
Contoh : konfigurasi portfast tidak bisa digabung dengan konfigurasi trunking.

- Mengapa bisa seperti itu?
Seperti yang tadi saya sudah berikan contoh, dengan kita mengkonfigurasi portfast, maka booting yang tadi seharusnya 50 detik, bisa menjadi hanya beberapa detik saja. Jika anda berfikir, sebuah proses yang biasanya atau normalnya terjadi dalam waktu 50 detik lalu dipercepat menjadi beberapa detik, kira-kira apa yang terjadi?

Contoh : Jika anda baru bangun pagi hari, benar-benar baru bangun(baru melek), lalu tiba-tiba anda langsung lari sprint sejauh sekeliling lapangan sepak bola. Kira-kira bagaimana perasaan anda? bagaimana rasanya tubuh anda? bagaimana hasilnya setelah anda selesai sprint? apakah sama hasilnya kalau anda bangun tidur, lalu minum segelas air dulu, mandi dulu, ganti pakaian olahraga dulu, pemanasan dulu, lalu baru anda lari sprint, apakah sama? apakah sama hasilnya? tentu saja tidak.

Proses normal saat bootingnya sebuah interface atau port


Blocked(mati)
semua port berawal dari mode ini untuk mencegah terjadinya loop.

Listen
port akan bertransisi atau berubah dari mode bloked ke listen. Waktu transisi ini akan digunakan untuk mendeteksi apakah ada jalur lain menuju root brige. Proses ini mengindikasikan atau menandakan bahwa port sedang melakukan persiapan untuk dapat melakukan transmisi atau pengiriman data tapi menunggu sejenak untuk memastikan tidak terjadi loop dalam jaringan.

Learn
dalam proses ini, switch mulai menambahkan informasi-informasi yang didapatkan kedalam table MAC. meski begitu port belum boleh melakukan transmisi atau pengiriman data.

Forward
pada proses ini, port sudah siap mengirim dan menerima data.

?Apa itu root bridge, loop dan lainnya?
Untuk sekarang ini, jika anda hanya ingin belajar portfast ini, hal itu tidak perlu anda pikirkan dulu. Sebenarnya materi ini sudah masuk kedalam materi STP(Spanning Tree Protocol). Dan materi ini juga bisa dibilang stp(spanning tree portfast). Jadi wajar saja dalam materi ini terdapat loop, root bridge dan lain sebagainya.

Konfigurasi

Untuk mengkonfigurasi sebuah port menjadi portfast caranya sangat mudah.
Catatan : konfigurasi ini hanya untuk switch

mengkonfigurasi satu persatu
Konfigurasi yang sangat mudah. Bisa anda lihat pada gambar, setiap anda mengkonfigurasi sebuah port atau lebih menjadi portfast maka pasti akan ada peringatan dari device anda. Dan pada gambar diatas juga merupakan contoh mengkonfigurasi portfast dengan cara satu-persatu.

mengkonfigurasi beberapa port
mengkonfigurasi sekaligus
Itulah macam-macam cara dalam mengkonfigurasi interface atau port. Silahkan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengeceknya anda bisa menggunakan perintah show running-config

Sekian dari saya, mohon maaf apabila banyak salah, semangat belajar, akhir kata . . .
Wassalamu'alaikum wr wb

1 komentar:

Silahkan Komentarnya ^^