MikroTik Installation with QEMU on Linux

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menginstall RouterOS MikroTik menggunakan QEMU di linux.


QEMU merupakan suatu program yang digunakan untuk menjalankan emulasi suatu sistem operasi. Untuk memulai menggunakan QEMU anda harus membuat virtual harddisk terlebih dahulu yang kemudian virtual harddisk tersebut akan di isi oleh suatu sistem operasi.

Installation

1. Download ISO Mikrotik di website resmi www.mikrotik.com atau www.routeros.co.id. Setelah didownload, langkah selanjutnya adalah rename ISO MikroTik yang anda download tadi menjadi mikrotikwisnu.iso atau terserah anda apa saja namanya. Setelah rename ISO, lihatlah lokasi direktori tempat anda menyimpan ISO tersebut, disini saya menyimpan iso tersebut di /home/wisnu/Documents.

2. Langkah selanjutnya kita akan membuat file yang berekstensi .img (dot img) yang nantinya akan kita isi dengan MikroTik OS yang di install melalui QEMU. Buka terminal pada linux anda, kemudian buat file dengan ekstensi .img (dot img). Caranya dengan mengetikkan command berikut ini pada terminal.
wisnu@X452E ~ $ cd /home/wisnu/Documents
wisnu@X452E ~ $ qemu-img create -f qcow mikrotik.img 256M

#Ket :
  • cd /home/wisnu/Documents ---> pindah ke lokasi direktori tempat anda menyimpan iso MikroTik.
  • qemu-img create -f qcow mikrotik.img 256M ---> membuat file .img dengan nama mikrotik.img.
#Catatan :
"file .img (dot img) yang baru anda buat hanya berukuran kecil (sekitar 2kb) karena file tersebut masih kosong dan belum di isi installasi Mikrotik RouterOS"

3. Sekarang kita isi file .img (dot img) yang anda buat tadi dengan installasi Mikrotik RouterOS. Caranya dengan mengetikkan command berikut pada terminal linux anda untuk memulai installasi Mikrotik RouterOS pada QEMU.
wisnu@X452E ~ $ qemu-system-x86_64 mikrotik.img -cdrom mikrotik.iso -boot d

#Ket :

  • mikrotik.img : file .img yang anda buat sebelumnya yang akan di isi MikroTik OS.
  • mikrotik.iso : merupakan ISO yang akan digunakan untuk menginstall/mengisi file .img dengan MikroTik OS.


4. Maka akan muncul pop up (jendela) QEMU yang menampilkan installasi MikroTik. Untuk melakukan installasi MikroTik pilih fitur yang anda butuhkan. Disini saya mencoba menginstall MikroTik dengan memilih semua fiturnya. Caranya dengan menekan tombol a pada keyboard untuk memilih semua fitur kemudian tekan tombol i pada keyboard untuk memulai menginstall fitur yang tadi kita pilih. Saat menginstall MikroTik akan muncul pertanyaan "Do you want to keep old configuration? [y/n]" ketik "n" dan "Continue?" ketik "y" atau "n". Tunggu sampai installasi MikroTik selesai. Setelah selesai, barulah tutup (close) jendela QEMU.

5. Setelah installasi MikroTik menggunakan QEMU selesai, tentunya file .img (dot img) yang anda buat sudah berisi MikroTik OS. Sekarang coba buka MikroTik OS yang baru anda install tadi menggunakan QEMU. Caranya ketikkan command berikut pada terminal.
wisnu@X452E ~ $ qemu-system-x86_64 mikrotik.img -boot c
#Ket :
mikrotik.img merupakan file .img (dot img) yang sudah berisi MikroTik OS.

6. Maka muncul pop up (jendela) QEMU. Gambar dibawah merupakan tampilan booting MikroTik saat anda baru membuka QEMU. Tunggu sampai booting selesai.

7. Jika sudah muncul tampilan login MikroTik berarti installasi MikroTik menggunakan QEMU telah berhasil. Silahkan tutup kembali jendela QEMU. Jika anda ingin login terlebih dahulu juga tidak apa apa. Secara default MikroTik memiliki username admin dan password kosong (tidak ada).

Integrasi Router MikroTik ke GNS3

1. Buka simulator GNS3. Di GNS3 ini kita akan membuat QEMU virtual machine. QEMU virtual machine yang kita gunakan disini adalah installer MikroTik OS yang sebelumnya kita buat menggunakan QEMU. Caranya pertama-tama klik Edit >> Preferences.

2. Untuk membuat QEMU virtual machine pilih QEMU VMs kemudian klik New.

3. Beri nama untuk QEMU virtual machine (nama router).

4. Qemu binary biarkan default saja. Untuk RAM atur sesuai kebutuhan anda. Disini saya memberi RAM untuk QEMU virtual machine (router MikroTik) saya sebesar 256MB.

5. Oke pada step ini kita akan memasukkan file .img (dot img) yang berisi MikroTik OS. Caranya klik New Image, kemudian klik Browsee.. Masukkan file .img yang berisi MikroTik OS yang sebelumnya anda buat. Setelah itu klik Finish.

6. Sampai disini sebenarnya Qemu VMs yang anda buat sudah selesai. Tetapi secara default router MikroTik anda nantinya hanya memiliki satu buah port interface dan lambang router anda pun masih berupa gambar PC dengan gambar QEMU dilayarnya. Disini kita akan mencoba mensetting/mengedit routernya agar memiliki 5 port interface dan agar lambangnya berubah menjadi lambang router. Pertama-tama klik Edit.

7. Pada bagian General Setting lihat pada bagian symbol, disana kita ganti symbolnya dengan mengklik Browse.. Kemudian cari symbol router, setelah itu klik OK.

8. Sekarang beralih pada bagian Network. Ubah adaptersnya menjadi 5 kemudian ubah juga Name formatnya menjadi Ethernet{port1} agar port interface yang dimiliki router dimulai dari interface ethernet1. Setelah semua di edit, klik OK untuk menyimpan setelan.

9. Bisa kita lihat sekarang symbol pada router anda sudah berubah menjadi symbol router dan juga router anda sudah memiliki 5 buah port interface yang dimulai dari interface ethernet1. Agar semuanya tersimpan, klik OK setelah semua selesai.

10. Sekarang kita akan mencoba router yang tadi dibuat. Caranya tarik router tersebut kedalam area kerja GNS3 kemudian klik Start untuk menyalakan router tersebut. Selanjutnya klik Console untuk memulai booting router tersebut.

11. Maka tampilannya akan seperti berikut (jika menggunakan sistem operasi Linux). Tekan Enter saja pada keyboard.

12. Maka akan muncul tampilan login MikroTik. Lakukanlah login mengguakan username dan password default MikroTik. Secara default MikroTik memiliki username dengan nama admin dan password kosong (tidak ada).

13. Setelah melakukan login maka router MikroTik anda siap untuk dikonfigurasi sesuai kebutuhan anda.

Peringatan Keras (bantuan) !!!

Jika saat ada mengklik Console pada router MikroTik anda namun tidak muncul-muncul tampilan console tersebut maka cobalah cara ini. Pertama tama klik kanan pada router anda kemudian klik Custom Console.

Selanjutnya pilih Terminal yang akan digunakan untuk membuka tampilan console. Hal ini harus sesuai dengan sistem operasi yang dipakai. Karena kali ini saya memakai Linux Mint Mate maka saya memilih Mate Terminal yang akan digunakan untuk membuka tampilan console, selanjutnya klik OK. Jika anda menggunakan Ubuntu mungkin anda bisa memilih Gnome Terminal.

Sekian dari saya, mohon kritik dan sarannya
Wassalamu'alaikum

1 komentar:

Silahkan Komentarnya ^^