Oracle VM VirtualBox

بسم الله الرحمن الرحيم 


Assalamu'alaikum, kali ini saya akan menjelaskan secara sederhana tentang Oracle Virtual Machine VirtualBox.

Pengertian

VirtualBox adalah sebuah aplikasi virtualisasi yang berguna untuk memvirtualisasikan sebuah Operating System(OS). Jadi, maksudnya kita bisa mencoba untuk menginstall dan menggunakan sebuah OS secara virtual menggunakan VirtualBox ini.
#Ket :
Maksud dari "secara virtual" disini adalah seolah-olah kita menginstall secara langsung dan menggunakan os tersebut pada PC kita

Intinya, VirtualBox ini adalah aplikasi virtual dari sebuah PC(seolah virtualbox adalah sebuah PC), sehingga kita bisa menggunakan, menginstall dan menguninstall sistem operasi secara terus menerus tanpa khawatir terjadi kerusakan pada PC kita. 

Fungsi

  • Untuk mencoba(secara virtual) OS yang diinginkan dalam OS utama, tanpa khawatir OS utama tersebut rusak
  • Untuk mencoba OS yang baru rilis dan masih dalam tahap uji
  • Dan bisa juga untuk menguji Security(keamanan) sebuah OS dan Web

Manfaat

  • Untuk belajar menginstall OS (seolah-olah) pada PC asli, tanpa perlu khawatir kerusakan
  • Dapat menginstall beberapa OS secara cuma-cuma tanpa harus mempermanenkannya pada Harddisk
  • Hemat uang :
    • Free software
    • Tidak perlu membeli banyak hardware untuk menggunakan banyak OS
Anda bisa mendownload aplikasi virtualbox disini...

How to Use

Untuk menggunakan virtualbox ini cukup mudah. Pertama kita akan membuat sebuah virtual hard drive. Sama seperti aslinya, kita membutuhkan sebuah PC atau paling tidak sebuah harddisk sebagai wadah dari OS yang akan kita install, virtual hard drive inilah yang akan kita jadikan wadah untuk OS tersebut. Dalam pembuatan virtual hard drive ini sama seperti kita sedang membuat sebuah PC, jadi bisa kita simpulkan bahwa virtual hard drive ini adalah PC(virtual) yang kita buat untuk menjadi wadah dari OS yang akan kita install.

Setelah selesai, data" virtual hard drive yang kita buat tadi akan tersimpan dalam PC kita dan pada aplikasi virtualboxnya akan terbentuk sebuah icon atau shortcut(ya sebut saja begitu) untuk menjalankan virtual hard drive yang kita buat tadi.

Untuk mengatur atau menyesuaikan spesifikasi(virtual hard driv) yang kita butuhkan untuk OS tersebut, kita bisa menggunakan menu Settings

Jika anda melakukan kesalahan, maka akan ada peringatan dari virtualboxnya

Lalu memasukkan ISO yang akan kita install (tahap ini sama seperti kita memilih bootable untuk menginstall)

Tutorial

Saya akan mencontohkan cara membuat dan mengatur virtual hard drive sampai jadi iconnya. Pertama, pastikan anda sudah menginstall virtualbox pada PC anda untuk mengikuti tutorial ini.

1. Klik New

2. Berikan nama, bisa sesuai dengan os yang akan anda install atau boleh juga sesuka hati anda, tapi jika anda memberikan nama sesuai dengan os anda, maka secara otomatis virtualbox akan menyesuaikan type dan versinya.

3. Berikan ukuran maksimal ram yang boleh digunakan oleh os anda tersebut

4. Pilih Create a virtual hard disk now, karena kita ingin membuat vm baru

4.1. Karena kita memilih Create a virtual hard disk now, maka kita akan membuat virtual hard disknya. Kita tentukan tipe file dari virtual hard disk jika disimpan

4.2. Biasanya saya menggunakan Dinamically allocated, silahkan anda baca keterangan saat menginstallnya agar lebih jelas

4.3. Pastikan nama, lokasi dan ukuran(maksimal) file(virtual hard disk) anda

5. Sekarang saya akan mencontohkan mengatur Network pada virtualbox ini. Adapter virtualbox ini karena sifatnya virtual, jadi dia hanya bisa menumpang pada adapter yang nyata. Seperti contoh disini saya menyetting Bridge Adapter, dengan saya menyetting Bridge Adapter maka os ini akan terhubung ke jaringan yang sama seperti adapter saya yang nyata.

Untuk adapternya kita bisa atur sesuai kita ingin si vm ini terhubung ke jaringan di adapter yang mana...

Sekian dari saya, mohon kritik dan sarannya
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya ^^