Point to Multi-Point

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang konfigurasi point to multipoint. Point to multipoint ini adalah sebuah metode penyebaran jaringan dengan menggunakan sebuah pamancar dan beberapa penerima(client) dengan menggunakan media wireless. Keunggulannya tidak jauh berbeda dengan ponit to point.

Topologi


Konfigurasi

Catatan :
Karena sebelumnya saya sudah pernah memposting tentang point to point, jadi kali ini saya tidak akan menjelaskan konfigurasinya panjang lebar, saya hanya akan menampilkan konfigurasi yang tidak ada atau berbeda dengan yang ada pada postingan saya yang sebelumnya. Jadi, sebaiknya anda melihat postingan saya yang sebelumnya tentang point to point.

1. Setting address pada PC sesuai dengan networknya

2. Setting address router pada interface yang terhubung ke PC



3. Setting Mode pada pemancar menjadi AP bridge

4. Kita konfigurasi static routing untuk menghubungkan semua jaringan



#Ket :
to menu IP > Route > add > Destination address : 192.16.20.0/24(spesified) or 0.0.0.0/0(anywhere) > Gateway : Address dari router yang terhubung dengan si destination

Verify

PING




Signal : Noise, CCQ, P Throughput



Traffic



Ketinggalan :v (Konfigurasi NAT untuk koneksi Internet)

1. Setting DHCP Client, IP > DHCP Client > add > interface : ether5 > OK
#Ket :
Dalam kasus saya ini adalah dimana si sumber koneksi internet ini menggunakan media wired dan sudah terdapat DHCP server
2. Sekarang kita setting NATnya

 #Ket : IP > Firewall > NAT > add > Out Interface : ether5 > Action : masquerade
Terakhir kita coba ping google.com

Sekian dari saya, mohon kritik dan sarannya
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya ^^